Kolam Ide

Peluang Branding Kece di Stasiun dan Kereta KAI: Cara Mudah Promosiin Brand Kamu ke Jutaan Orang!

Waduh, tau gak sih kalau sekarang KAI lagi buka kesempatan buat perusahaan-perusahaan collab bareng mereka lewat branding di stasiun dan kereta? Kece banget kan! Mau tau lebih banyak soal gimana cara brand kamu bisa mejeng di fasilitas kereta api yang tiap hari diliat jutaan orang? Yuk simak info lengkapnya!

Fasilitas Super Strategis dengan Jangkauan Audience Gede Banget!

Bayangin aja, dalam 9 bulan pertama tahun 2024, KAI Group udah melayani lebih dari 338 juta penumpang! Ini breakdown detailnya:

  • 38,6 juta penumpang dikelola langsung sama KAI
  • 275,7 juta penumpang KAI Commuter
  • 4,1 juta penumpang KAI Bandara
  • 14,6 juta penumpang LRT Jabodebek
  • 108 ribu penumpang KAI Wisata
  • 4,7 juta penumpang Whoosh

“Tentunya ini jadi peluang gede buat mitra bisnis meningkatkan eksposur brand mereka di depan publik yang super luas,” jelas Anne Purba, VP Public Relations KAI.

Sejarah KAI: Gak Cuma Transportasi Biasa!

KAI bukan cuma soal transportasi doang, lho! Sejarahnya panjang banget, dari zaman Belanda tahun 1864 waktu pembangunan jalur kereta api pertama di Semarang. Dari Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) sampai akhirnya jadi PT Kereta Api Indonesia seperti yang kita kenal sekarang.

Perjalanan transformasi KAI sendiri berliku-liku. Dari Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) tahun 1945, berubah jadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) di 1963, terus jadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971, sampe akhirnya resmi jadi PT KAI seperti sekarang pada tahun 2010.

Stasiun Dimana-mana, Kesempatan Branding Juga Dimana-mana!

KAI punya 569 stasiun yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra. Coba bayangin brand kamu terpampang di tempat-tempat strategis ini:

  • 111 Stasiun di Daop 1 Jakarta
  • 54 Stasiun di Daop 2 Bandung
  • 30 Stasiun di Daop 3 Cirebon
  • 44 Stasiun di Daop 4 Semarang
  • 41 Stasiun di Daop 5 Purwokerto
  • 34 Stasiun di Daop 6 Yogyakarta
  • 34 Stasiun di Daop 7 Madiun
  • 52 Stasiun di Daop 8 Surabaya
  • 34 Stasiun di Daop 9 Jember
  • 44 Stasiun di Divre I Medan
  • 12 Stasiun di Divre II Padang
  • 32 Stasiun di Divre III Palembang
  • 47 Stasiun di Divre IV Tanjungkarang

Perjalanan Kereta yang Super Banyak = Exposure Gede!

Setiap hari, KAI mengoperasikan:

  • Rata-rata 320 perjalanan KA JJ dan KA Lokal
  • 14 perjalanan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter
  • 42 perjalanan KA Bandara
  • 1.049 perjalanan commuter line per hari di Jabodetabek

Integrasi Antar Moda yang Bikin Jangkauan Makin Luas

KAI juga punya banyak stasiun yang terintegrasi dengan moda transportasi lain:

  • Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Pasar Senen, Manggarai, Jatinegara, BNI City, dan Rangkasbitung yang terintegrasi dengan commuter line di Jabodetabek
  • Stasiun Solo Balapan, Purwosari, Yogyakarta yang mengintegrasikan KA JJ, Commuter Line, KA Bandara, dan KA Lokal
  • Stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang yang mengintegrasikan KA JJ dan commuter line
  • Stasiun Bandung dan Cimahi yang mengintegrasikan KA JJ dengan KA Lokal dan Feeder Whoosh
  • Stasiun Halim yang mengintegrasikan LRT Jabodebek dan Whoosh

Gimana Cara Branding di KAI?

Mekanisme kerja sama ini bakal bikin nama brand kamu disandingkan dengan nama stasiun KAI. Keren kan? Nama brand kamu bakal muncul di berbagai media, kayak:

  • Signage di stasiun
  • Wayfinding
  • Peta jalur
  • Announcement audio di stasiun dan kereta
  • Berbagai publikasi resmi KAI lainnya

Success Story yang Udah Ada

Sekarang KAI udah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan besar untuk hak penamaan di empat stasiun:

  • Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng
  • Stasiun BNI City
  • Stasiun LRT Jabodebek Pancoran Bank BJB
  • Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas BNI

“Penawaran hak penamaan stasiun ini adalah inovasi KAI untuk mengoptimalkan aset perusahaan. KAI terbuka untuk berbagai kerja sama dalam pemanfaatan aset dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan KAI secara keseluruhan dari berbagai aspek,” ungkap Anne.

Kenapa Harus Branding di KAI?

  1. Nilai Historis KAI yang udah nyatu banget sama keseharian masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun
  2. Jangkauan Audience Gede dengan ratusan juta penumpang setiap tahunnya
  3. Exposure 24/7 karena stasiun dan kereta beroperasi hampir sepanjang waktu
  4. Prestige dan Brand Association dengan BUMN terkemuka di Indonesia
  5. Mendukung SDGs karena KAI aktif dalam pembangunan berkelanjutan dan transportasi ramah lingkungan

Jadi, kalau kamu punya bisnis atau perusahaan yang pengen namanya makin dikenal luas, collab branding sama KAI bisa jadi pilihan yang oke banget! Selain dapet exposure gede, kamu juga ikut mendukung transportasi publik yang ramah lingkungan. Win-win solution banget kan?

Tertarik? Langsung aja hubungi KAI untuk detail kerjasama lebih lanjut!

BAGIKAN ARTIKEL

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top